Apakah anda termasuk salah satu pengguna jasa warnet? Jika jawabannya ‘ya’, sebaiknya berhati2lah. Seperti anda tahu bahwa akhir2 ini marak terdengar kabar tentang hacking jejaring sosial berjuluk facebook. Dan yang paling sering digunakan adalah KeyLogger. Sebenarnya fungsi KeyLogger adalah untuk mengetahui (merekam) segala aktivitas yang terjadi pada keyboard, dan karena itu jugalah mengapa KeyLogger dapat membahayakan privacy anda, para pengguna warnet. Mengapa demikian? Yups, pertanyaan bagus (jika anda bertanya seperti itu tentunya🙂 )

Seperti penjelasan diatas tadi, fungsi KeyLogger adalah untuk mengetahui dan merekam segala aktivitas yang sedang dilakukan. Sebagai contoh kecil saja, jika anda yang sedang asik2nya ber-internet di warnet langganan anda dan kebetulan ada orang iseng yang menyusupkan Keylogger pada PC (komputer) yang sedang kita gunakan.Intinya, kegiatan anda (apapun itu) pada keyboard akan direkam oleh KeyLogger, termasuk ID User, Password, pesan email bahkan situs2 yang sudah anda kunjungi. Hmm.. bagaimana? Bisa dimengerti bukan? Semoga tidak bingung..🙂

Coba anda bayangkan, jika email anda yang berisikan data2 pribadi seperti nomor Credit Card (misalnya) dan data2 penting lainnya yang kemungkinan masih tersimpan di email anda diketahui orang yang tidak berkepentingan, bisa kebobolan dunk.. waduhhh…!!
Keylogger ada 2 macam, yaitu berupa software dan Hardware. Banyak situs2 yang menyediakan Keylogger untuk dinikmati, namun kelemahan dari Software KeyLogger yaitu mudah dikenali oleh anti virus. Namun lain halnya dengan hardware. Hardware tidak bisa di kenali oleh antivirus karena Keylogger jenis ini terpasang sebagai hardware di PC. Contoh KeyLogger jenis ini adalah ‘keyboard‘ yang bisa di beli melalui situs tertentu, seperti disini misalnya.

Untuk menghindarinya, anda bisa mencoba tips berikut.

* Sebelum anda menggunakan PC (pada warnet) dan memulai aktivitas ber-internet, Restart PC anda terlebih dahulu. Jika PC tersebut dipasang program DeepFreeze, maka settingan PC akan kembali seperti semula. Dan anda bisa bersantai dulu, pesan minuman atau apalah hehehe..🙂
* Setelah restart dan mengaktifkan billing, silahkan tekan Alt+Ctrl+Shift+F6 secara bersamaan untuk melihat bahwa DeepFreeze aktif (jika PC diinstall DeepFreeze). Atau jika anda tidak mau repot cukup dengan melihat icon kepala beruang dipojok kanan (bawah).
* Kecerobohan yang sering dilakukan pengguna warnet adalah ‘langsung berdiri dan pergi begitu saja‘ begitu selesai ngenet. Padahal pada browser masih tersimpan Private Data yang memungkinkan dibuka oleh orang lain. Apabila anda telah selesai ber-internet, maka jangan lupa menghapus Private Data pada browser yang anda gunakan, contoh saja Mozilla Firefox. Caranya dengan meng-klik [tool –> Clear Private data] atau dengan menekan ctrl+shift+del secara bersama2. Setelah itu restart PC.

Nah, aman deh sekarang. Setidaknya anda sudah melakukan ‘pencegahan‘ pembobolan hak akses anda. Semoga bermanfaat🙂